Harga Kucing Himalaya Desember 2018

Posted on

Harga Kucing Himalaya – Kucing himalaya atau kucing persia himalaya (dahulu bernama kucing persia warna poin) adalah salah satu ras kucing domestik yang merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Persilangan ini supaya dapat ras kucing yang sama seperti kucing persia baik secara berat badan dll. Namun warna seperti yang dimiliki oleh kucing siam. Kucing himalaya ini sendiri memiliki warna mata biru dengan pola warna poin.

Kucing himalaya ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tetapi, kucing himalaya baru ada di eropa sekitar tahun 1950-an dengan nama kucing persia warna poin. Sekitar tahun 1957, kucing persia warna poin tersebut didaftarkan dengan nama kucing himalaya, dan masuk dalam ras yang berbeda dari ras persia. Namun, ada beberapa pendaftaran kucing yang memasukkan kucing himalaya ini ke dalam variasi warna kucing persia. Sebab, pola dan karakternya yang hampir sama.

Pada saat ini kucing himalaya sudah dimasukkan ke dalam ras yang berbeda dengan kucing persia oleh The Internasional Cat Association (TICA), tetapi masih dimasukkan dalam kelompok yang sama dengan kucing persia. Kucing himalaya sendiri, menurut beberapa peternak kucing himalaya, masih dianggap sebagai kucing persia versi warna lain dan tidak dianggap sebagai ras yang terpisah.

Karakteristik kucing himalaya ini memiliki tubuh yang gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia. Hal ini membuat mereka sulit untuk melompat. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa ras kucing himalaya ini yang yang memiliki poster tubuh seperti kucing siam, yaitu tubuh anggun, ramping dan langsing.

Terdapat dua jenis kucing himalaya berdasarkan bentuk wajahnya, yaitu kucing himalaya wajah boneka dan kucing himalaya wajah datar. Kucing himalaya wajah boneka memiliki wajah yang sedikit pesek jika dilihat dari samping, sedangkan kucing himalaya wajah datar memiliki wajah yang sangat pesek jika dilihat dari samping sehingga terlihat seperti datar.

Kucing ini juga memiliki warna bulu poin yang panjang pada telinga, wajah, kaki dan ekornya.  Bulunya merupakan gabungan pola links, tabi, atau torti dengan warna merah, biru, krem, ungu, atau cokelat.

Tips Merawat Kucing Himalaya

Harga Kucing Himalaya
source : pixabay.com

Untuk merawat jenis kucing himalaya ini tidak ada perlakuan khusus. Sama saja dengan merawat kucing pada umumnya. Yang harus diperhatikan adalah hal-hal berikut ini:

  • Kandang

Biasakan untuk membeli kandang yang baru untuk kucing yang baru. Agar kebersihan selalu terjaga. Jika membeli kucing himalaya, pastikan kandang ini luas dan cocok untuk ukuran tubuhnya, jangan sampai membeli kandang yang kekecilan. Kalau kebesaran tidak menjadi masalah.

Letakkan kandang ini di tempat yang aman. Tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak dekat dengan dapur makan rumah kamu. Supaya lebih higienis bagi yang suka menaruh kucingnya di dalam kamar, pastikan kandang ini tetap ada. Sebaiknya biasakan kucing himalaya untuk tidur sendiri di kandangnya, jangan ditaruh kasur.

  • Makanan dan nutrisi

Makanan yang cocok untuk kucing himalaya adalah jenis makanan yang olahan pabrik. Ada banyak merek makanan yang dijual di pet shop seperti whiskas, royal canin, pro plan, frieskies, eureka, pet forest, princess cat, science diet, star pro dan meow mix. Sebenarnya semua merek ini sama-sama bagus untuk kucing. Kandungan gizi nya pun memang sudah standar. Namun, kucing ini kadang seperti manusia, cocok-cocokkan. Maka dari itu cobalah untuk explore mereka apakah yang paling cocok untuk himalaya yang dipelihara.

Uniknya, pada beberapa jenis kucing peliharaan termasuk kucing himalaya ini, ternyata ada yang sering bertingkah aneh dan konyol. Dia suka makan makanan ala manusia. Seperti nasi, ikan, bahkan sayuran. Biasanya yang begini karena sudah dibiasakan oleh pemiliknya.

  • Perawatan tubuh

Pastikan kucing himalaya selalu dalam kondisi tubuh yang bersih. Rajinlah memandikan minimal 2 kali dalam satu minggu. Pakailah shampo bayi untuk mencuci bulu-bulu kucing, pada bagian telinga juga dibersihkan dengan cotton-bud, bisa dengan dibantu baby oil.

Jika ditemukan gangguan pada kulit kucing himalaya seperti luka segeralah obati. Apalagi kalau sampai muncul kurap, ini harus segera dibawa ke dokter hewan, agar tidak semakin parah.

  • Kesehatan

Rutinlah memeriksakan kucing himalaya ke dokter. Jangan lupa patuhi jadwal vaksinnya. Jangan sampai salah mengunjungi dokter ya, yang berhak memberikan pengobatan dan tindakan medis pada kucing adalah dokter hewan.

  • Komunikasi

Inilah yang sering diabaikan orang. Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam memelihara seekor binatang. Kucing itu memiliki kemampuan dan kecerdasan untuk interaksi dengan manusia. Jika ingin punya kucing himalaya yang menggemaskan, aktif, pintar dan lucu. Maka jalan satu-satunya adalah dengan mempererat komunikasi.

Tips Merawat Kucing Himalaya
source : pixabay.com
  • Vaksin

Kucing juga perlu mendapatkan vaksin untuk mencegah dan mengobati dari serangan penyakit tertentu. Pemilik dapat meminta vaksin pada dokter hewan atau pet shop tertentu yang sudah memiliki ijin.

  • Sediakan Kotak Pasir untuk Kucing Buang Kotoran

Supaya kucing tidak buang kotoran di sembarangan, Anda harus menyediakan kotak pasir untuk digunakan sebagai tempat kucing himalaya ini buang kotoran. Kucing memiliki insting alami untuk buang kotoran di tanah berpasir.

  • Jaga kesehatan bagian mulut kucing

Makanan dengan tekstur keras seperti daging memiliki potensi untuk terselip di dalam sela-sela gigi kucing, oleh karena itu pemilik kucing harus menjaga kebersihan mulut dengan melakukan pengecekan dan menyikat gigi kucing.

  • Jaga Kebersihan Tempat Makan Kucing

Jangan lupa jua untuk sering membersihkan kotak makan kucing. Karena jika terlalu lama tidak dibersihkan akan mengeluarkan bau yang tidak enak dan malah jadi sarang penyakit. Hal ini sifatnya juga cukup krusial dan sering dilupakan oleh para pemilik kucing.

  • Rajin Menyisir Kucing

Selain untuk menjaga kebersihan bulu, menyisir bulu-bulu kucing juga dapat meningkatkan hubungan antara pemilik dan kucing. Lakukan aktivitas ini saat senggang setelah memandikan kucing kamu.

  • Rajin Memotong Kuku

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah kuku kucing. Jangan biarkan kuku kucing kotor dan menjadi sarang penyakit.

  • Sering Ajak Main

Pemilik kucing juga harus memperhatikan kondisi tingkat kebosanan pada kucing, hal ini perlu diperhatikan karena jika kucing himalaya bosan, maka kucing ini akan keluyuran keluar rumah dan terkadang kembali dalam waktu yang relatif lama. Karena itu pemilik harus mengajaknya bermain.

Harga Kucing Himalaya

JENIS KUCING UMUR HARGA
Kucing himalaya peaknose longhair 4 bulan Rp3.000.000
Kucing himalaya flatnose 2,5 bulan Rp1.000.000
Kucing himalaya jantan 11 bulan Rp1.000.000
Kucing himalaya seal point 3 bulan Rp650.000
Kucing himalaya asli 2 bulan Rp1.000.000
Kucing himalaya betina 2 bulan Rp650.000
Kucing himalaya medium 3 bulan Rp850.000

Baca Juga : 

Harga Kucing Persia Semua Jenis Desember 2018

Demikian informasi yang kami bagikan mengenai harga kucing himalaya. Semoga bermanfaat, terima kasih.