Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Maret 2019

Posted on

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan – Candi Prambanan adalah candi umat Hindu yang terbesar di Indonesia. Sampai sekarang belum dipastikan kapan tepatnya Candi Prambanan dibangun dan atas perintah dari siapa, tetapi diduga kuat bahwa Candi Prambanan dibangun sekitar abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya yaitu raja Balitung Maha Sambu. Pada dugaan itu didasarkan pada isi Prasasti Siwagrha yang telah ditemukan di sekitar Candi Prambanan dan saat ini telah disimpan di Museum Nasional di Jakarta. Prasasti tersebut berusia kira-kira 778 saka (856 M), ditulis pada masa Kerajaan Rangkai Pikatan.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan
Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Candi Prambanan atau biasa disebut dengan Candi Rorojongrang. Sebutan Candi Roro Jongrang sendiri lekat dengan sebuah legenda yang konon diyakini oleh sebagian masyarakat di tanah Jawa. Legenda ini menceritakan seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso yang kala itu jatuh cinta dengan seorang putri yang bernama Roro Jongrang. Karena sang putri tidak dapat menolak cinta Bandung Bondowoso maka sang Putri mengajukan syarat yang harus dipenuhi oleh Bandung Bondowoso, syarat tersebut yaitu membuat 1.000 candi dengan waktu hanya satu malam. Permintaan sang putri tersebut akhirnya disanggupi oleh Bandung Bondowoso dan pada satu malam ketika candi hampir selesai akhirnya Roro Jongrang meminta bantuan warga desa untuk menumbuk padi supaya memancing ayam untuk berkokok yang menandakan hari telah pagi. Namun Bandung Bondowoso mengetahui jika dicurangi, yang pada saat itu sudah menyelesaikan 999 arca, dan pada akhirnya mengutuk Roro Jongrang menjadi arca yang ke 1.000.

Pada struktur Candi Prambanan menggambarkan kepercayaan umat Hindu yaitu Trimurti. Di setiap kompleks area Candi Prambanan terdapat tiga candi pada halaman utama yakni Candi Siwa, Candi Brahma, Candi Wisnu. Dalam setiap candi utama memiliki candi pendamping, Candi Siwa mempunyai pendamping Candi Nandini, Candi Brahma berdampingan dengan Candi Angsa sedangkan Candi Wisnu berdampingan dengan Candi Garuda.

Terdapat pula relief yang terpahat pada dinding Candi Prambanan yang menceritakan kisah Ramayana. Terdapat juga relief pohon Kalpataru, yang dipercaya umat Hindu melambangkan kelestarian, kehidupan, dan keserasian.

  • Candi Siwa

Pada saat candi ini ditemukan, kondisi Candi Siwa rusak berat. Pemulihannya memakan waktu yang cukup lama, dimulai pada tahun 1918 dan selesai pada tahun 1953. Diberi nama Candi Siwa sendiri karena di dalam candi terdapat arca Siwa. Nama lain dari Candi Siwa yaitu Candi Roro Jongrang karena pada salah satu ruangan terdapat arca Durga Mahisasuramardini, yang sering juga disebut-sebut sebagai arca Roro Jongrang. Bangunan candi berdiri di atas batur setinggi 2,5 m. Candi Siwa yang berada di tengah barisan barat merupakan candi terbesar. Pada denah dasarnya berbentuk bujur sangkar yang memiliki luas 34 m Bangunan candi berdiri di atas batur setinggi 2,5 m. Candi Siwa yang berada di tengah barisan barat merupakan candi terbesar. Pada denah dasarnya berbentuk bujur sangkar yang memiliki luas 34 m2, dengan tinggi 47m.

  • Candi Wisnu

Candi Wisnu berada di sebelah utara Candi Siwa. Bangunan candi berdiri di atas batur yang membentuk selasar berlangkan. Terdapat pula tangga untuk naik ke permukaan batur yang terletak di sisi timur. Di sepanjang dinding bangunan candi terdapat deretan panil dengan pahatan yang menceritakan Lokapala.

Serta sepanjang dinding dalam langkan dihiasi seretan panil yang menggambarkan relief Krisnayana. Krisnayana merupakan kisah kehidupan Krisna sejak dia dilahirkan sampai dia berhasil menduduki tahta di kerajaan Dwaraka.

Pada dinding atas langkan berjejer hiasan ratna. Di bawah Ratna pada sisi luar dinding langkan terdapat relung berbentuk kecil dengan hiasan Kalamakara di atasnya, dan di dalam relung terdapat pahatan yang menceritakan Wisnu sebagai pendeta yang sedang duduk dengan bermacam posisi tangan.

  • Candi Brahma

Terletak di sebelah selatan Candi Siwa. Bangunan candi berdiri di atas batur yang membentuk selasar berlangkan. Pada sepanjang dinding candi berderet panil dengan pahatan yang menceritakan lokapala.

Di sepanjang dinding area dalam langkan dihiasi deretan panil yang membuat kelanjutan dari cerita Ramayana di dinding dalam langkan Candi Siwa. Penggalan dari cerita Ramayana pada Candi Brahma ini menceritakan peperangan Rama yang dibantu adiknya, yaitu Laksamana, serta Bala Tentara Kera untuk melawan Rahwana sampai pada Sinta yang pergi mengembara ke hutan setelah diusir oleh Rama yang sudah meragukan kesuciannya.

Jam Buka Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan buka pada pukul 06.00-17.00 WIB.

Alamat Candi Prambanan

Jln. Raya Jogja-Solo km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571, Indonesia.

Rute Candi Rrambanan

  1. Angkutan Umum

Dari arah yogyakarta naik bus Transjogja bisa naik dari shelter di mana saja, cukup membayar Rp3.000

  1. Kendaraan Pribadi

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, rute yang harus Anda tempuh dari kota yogyakarta adalah Jogja-Jln. Raya Jogja-Solo. Lokasi Candi Prambanan berada di sekitar km 16 kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

  • Lokal dewasa: Rp30.000
  • Lokal anak: Rp12.500
  • Asing dewasa: $18
  • Asing-student (registered): $10

Fasilitas yang bisa Anda temui di sekitar kompleks Candi Prambanan cukup lengkap seperti hotel atau penginapan, restoran, dan toko oleh-oleh. Tour guide juga dengan mudah dapat anda temui untuk menelusuri jejak-jejak kejayaan peradaban di Jawa-Hindu.