Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu Maret 2019

Posted on

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban PerahuSelamat hari ini. Ceritanya akhir pekan kemarin saya niat berwisata untuk menghilangkan kejenuhan, maklum karena jam kerja yang terlalu padat jadi sangat jarang bepergian, sekarang masalahnya adalah mau wisata kemana ? Sempat browsing-browsing tempat rekreasi yang oke dan akhirnya sampailah pada pilihan wisata gunung Tangkuban Perahu. Singkat cerita saya dan keluarga berangkat ke Gunung Tangkuban perahu. Nih, bagi teman teman belum tahu, Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung yang lokasinya berada di jawa barat dan bisa dibilang salah satu gunung yang paling sering dikunjungi wisatawan baik dari wisatawan dalam negeri atau dari luar negeri.

Gunung Tangkuban perahu ini sebenarnya tidak terlalu tinggi tinggi amat kok guys, cuma sekitar 2084mdpl (meter di atas permukaan laut), tapi yang membuatnya menarik dan banyak dikunjungi wisatawan adalah panorama alamnya yang sangat luar biasa. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya dan keluarga berkunjung ke gunung Tangkuban Perahu, tapi karena wisata ini membuat kangen jadi kami memutuskan untuk melancong ke sana. Gunung Tangkuban ini adalah gunung yang statusnya masih aktif, jadi gunung ini masih mengeluarkan asap dari dalamnya, tapi jangan salah karena hawa gunung ini sangat dingin lho. Setahu saya wisata gunung Tangkuban Perahu ini juga sering dijadikan tempat syuting film dan video klip lagu.

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu
source : unsplash.com/@romanbintang

Legenda Tangkuban Perahu

Ada yang unik dari gunung Tangkuban Perahu ini, yaitu legenda penamaannya. Awal mula terbentuknya gunung Tangkuban Perahu ini disebut-sebut berhubungan dengan kisah Sangkuriang yang mencintai ibunya sendiri, Dayang Sumbi atau Rarasati. Sang ibu ingin sekali menggagalkan keinginan Sangkuriang dengan mengajukan syarat yaitu dibuatkan sebuah telaga dan perahu dengan durasi waktu hanya semalam, singkat cerita Sangkuriang gagal dan akhirnya dia marah lalu kemudian menendang perahu tadi hingga akhirnya perahu itu pun terbalik dan jadilah gunung Tangkuban Perahu.

Alamat dan Peta Gunung Tangkuban Perahu

Saya bersama keluarga naik mobil menuju ke tempat wisata gunung Tangkuban Perahu. Alamat Gunung Tangkuban Perahu ada di daerah Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menuju ke sana maka dari Bandung menuju ke utara, kira-kira sekitar 20-25 km. Jika di durasi waktu tempuhnya mencapai sekitar 1 jam kalau lancar dan kalau agak macet sekitar 1 setengah jam, tapi itu semua pasti terbayar dengan keindahan tempat wisata ini.

Rute dari Bandung, ada 2 :

  1. Dari tol Pasteur melaju ke Dr. Djunjunan > Pasir Kaliki > Sukajadi > Setia Budi > Lembang > Lokasi Tangkuban Perahu.
  2. Dari tol Padalarang ke Cimahi > belok ke Jl. Koloner Masturi > di pertigaan Lembang belok kiri > Lokasi Tangkuban Perahu.

Transportasi kendaraan umum :

  1. Terminal Leuwi Panjang pilih jurusan Bandung Indra Mayu > langsung turun di gerbang masuk Tangkuban Perahu
  2. Dari Stasiun Hall > naik angkot jurusan Hall-Lembang > turun di perempatan Maribaya-Lembang-Lokasi Tangkuban Perahu > Naik lagi angkot yang jurusan Cikole > turun di pinggir kawah Tangkuban Perahu.

Jam Buka Gunung Tangkuban Perahu

Saya dan keluarga yang naik mobil berangkat tidak terlalu pagi mengingat persiapan saya dan keluarga yang tidak sedikit, jadi bisa dibilang cukup santai bahkan dalam perjalanan pun juga santai saja karena jam Jam Buka Gunung Tangkuban Perahu sekitar pukul 07.00 WIB dan untuk tutupnya sekitar pukul 17.00 WIB.

Jam Buka 07.00 WIB-17.00 WIB

Harga Tiket Gunung Tangkuban Perahu

Karena saya dan keluarga bisanya rekreasi pada akhir pekan maka saya harus membayar tiket masuk lebih mahal dari pada hari biasanya, selisih harga antara harga tiket pada hari biasa dengan harga tiket pada akhir pekan cuma beda sedikit. Harga Tiket Gunung Tangkuban Perahu untuk hari biasa dijual Rp20.000 untuk yang pakai mobil seperti saya dan untuk akhir pekan dijual Rp30.000. Bagi yang cuma naik motor harganya bisa beda lagi, untuk pemotor tiketnya dijual dengan harga Rp12.000 pas hari biasa dan kalau akhir pekan tiket dijual sekitar Rp17.000. Kalau yang  rombongan beda lagi, bis pariwisata ditarik harga Rp110.000 untuk hari biasa dan Rp150.000 untuk akhir pekan. Info lengkapnya ada di bawah ini.

WEEKDAYS
Tiket Masuk Wisatawan Dalam Negeri Rp20.000
Tiket Masuk Wisatawan Luar Negeri Rp200.000
Motor Rp12.000
Mobil Rp25.000
Bus Rp110.000
Sepeda Rp7.000

 

WEEKEND
Tiket Masuk Wisatawan Dalam Negeri Rp30.000
Tiket Masuk Wisatawan Luar Negeri Rp300.000
Motor Rp17.000
Mobil Rp35.000
Bus Rp150.000
Sepeda Rp10.000

 

JASA ANGKUTAN WISATA ONTANG-ANTING/SHUTTLE BUS
Jayagiri-Kawah Ratu Rp7.000

 

BIAYA KEAMANAN DAN KEBERSIHAN
Foto Pernikahan Rp500.000/hari
Shooting Video Rp800.000/hari
Shooting Acara Komersil
Rp2.000.000/hari
Rp1.800.000 > 1 hari
Stand 4×4 Rp500.000/hari
Umbul-Umbul Rp30.000/hari
Spanduk Rp50.000/hari
Baliho Rp100.000/hari

Wahana Gunung Tangkuban Perahu

Saya dan keluarga mencoba beberapa Wahana Gunung Tangkuban Perahu. Ada beberapa sebenarnya yang jadi tujuan kami sekeluarga dan maka dari itu akhirnya kami putuskan untuk mengunjunginya satu persatu.

Kawah Ratu

Kawah Ratu
source : indonesiaitugue.com

Yang ada di lokasi sekitar gunung tersebut salah satunya adalah Kawah Ratu. Kawah Ratu ini adalah pusat kawah gunung Tangkuban Perahu dengan luas hingga 8000 hektar dan tempat paling bagus buat foto-foto selfie atau wefie bersama kerabat. Cukup mudah diakses menggunakan motor atau mobil, jadi kamu tidak perlu capek-capek jalan kaki. Hawanya sangat dingin, jadi siap-siap jaket jika datang ke sana. Kalau ingin mencari kehangatan jangan khawatir karena di sekitaran situ ada warung-warung kopi yang menyediakan minuman penghangat tubuh.

Kawah Upas

Kawah Upas
source : koppii.com

Geser sedikit kira kira 1 km dari Kawah Ratu atau sekitar 20-30 menitan kami sampai di kawah Upas yang menyajikan pemandangan indah. Akses menuju ke kawah Upas ini juga cukup mudah, tapi sangat disarankan untuk memakai alas kaki apa pun supaya lebih nyaman. Waktu terbaik untuk datang ke kawah Upas ini adalah sebelum matahari terbit karena matahari muncul di balik gunung, jadi view-nya sangat pas.

Kawah Domas

Kawah Domas
source : foursquare.com

Setelah jalan-jalan ke kawah upas sekarang saya bersama keluarga mengunjungi kawah domas. Kawah unik ini menyajikan pemandangan bebatuan dengan gas belerang yang muncul dari bawah.

Kawah terakhir adalah kawah Domas. Kawah ini sering banget jadi tujuan para wisatawan. Letaknya hanya 1.3km dari gunung Tangkuban Perahu. Di kawah Domas, terlihat longsoran tebing kawah berwarna putih, dan kuning yang terlihat juga asap belerang keluar dari sela-selanya.

Kawah Domas memiliki kelebihan lain, yaitu masih mengeluarkan sumber air panas hingga membentuk kolam kecil. Di kolam tersebut kami bisa bersantai sambil merendam kaki.

Kawah ini menyajikan wahana merebus telur yang bisa di rebus di kawahnya, makanya di daerah ini banyak sekali penjual telur yang kemudian saya rebus di kawah lalu telur tadi sudah siap di makan. Soal harga telur yang di jual oleh penjual jangan di Tanya lagi karena harganya pasti mahal, jelas diatas rata rata harga telur biasa, maklum ini kan tempat wisata.

Tips Wisata ke Tangkuban Perahu

  • Jika budget wisata kamu besar, saya sarankan untuk menyewa guide tour karena nanti akan memudahkan kamu menjelajah Tangkuban Perahu, bahkan ke tempat wisata lain di Bandung.
  • Jangan lupa membawa pakaian tebal seperti jaket atau sweater karena di Tangkuban Perahu suhu udaranya cukup dingin, apalagi ketika malam hari.
  • Pakai sepatu boot karena jalan di Tangkuban Perahu cukup terjal dan banyak kerikil-kerikil yang bisa mengganggu perjalanan kamu. Selain itu, supaya kamu juga mendapat sensasi ‘mendaki’ gunung, cuy.
  • Sedia masker, mengingat di Tangkuban Perahu bau gas belerang cukup pekat.
  • Pakai kacamata agar bisa menangkal dari debu masuk ke mata kamu.

Setelah puas berjalan jalan kami coba cari oleh oleh disana terutama cari cemilan yang nantinya bisa di bawa pulang kerumah, harganya variatif tapi yang penting adalah kepuasannya bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Kami pulang sekitar jam 2 siang karena supaya sampai dirumah saya bisa istirahat sejenak di rumah menyiapkan tenaga lagi untuk bekerja esok hari.

Pencarian Produk Terbaru:

  • harga tiket masuk tangkuban perahu maret 2019